PGP atau
Pendidikan Guru Penggerak merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui
pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar
mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan
proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan
pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen
transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.
Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong
royong, berkebinekaan tunggal, bernalar kritis, dan mandiri.
PGP didesain untuk
mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan dengan menggunakan
pendekatan andragogi dan blended learning selama 9 (sembilan) bulan.
Kegiatan PGP dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring),
lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70%
belajar di tempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama
rekan sejawat, dan 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping.
Calon Guru
Penggerak menjalankan proses pendidikan selama 9 bulan yang terdiri
pembelajaran daring dan pendampingan. Pembelajaran daring berlangsung selama 6
bulan dengan 3 paket modul yang wajib dipelajari oleh Calon Guru Penggerak.
Pendampingan terdiri dari lokakarya dan pendampingan individu yang akan
dilaksanakan setiap bulan selama 9 bulan.
Diselenggarakannya
lokakarya I adalah memperoleh rumusan tertulis tentang Identifikasi posisi diri berdasarkan
kompetensi Guru Penggerak, Evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru
Penggerak dan Rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak
A.
TUJUAN
KEGIATAN
Kegiatan
ini secara umum bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada CGP tentang mengenal
kompetensi guru penggerak dan Model kompetensi kepemimpinan
sekolah sebagai landasan pengembangan diri Calon Guru Penggerak. Beberapa tujuan khusus yang dicapai dalam lokakarya ini antara
lain sebagai berikut.
1.
Calon Guru Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri
2.
Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan
kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran
3.
Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi
posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
4.
Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana
pengembangan diri
B.
RUANG
LINGKUP KEGIATAN
Kegiatan
lokakarya I ini difokuskan secara kontekstual pada kompetensi calon guru
penggerak, posisi diri calon guru penggerak dan rencana evaluasi diri serta
rencana pengembangan diri calon guru penggerak
C.
WAKTU
DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini
diselenggarakan pada tanggal 14 November 2020. Tempat kegiatan di Jelita
Tanjung Hotel JL. P.M. Noor No.IA, Pembataan, Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.
D.
PENDAMPING
Ada 3 pendamping
kegiatan lokakarya ini, yaitu sebagai berikut.
1.
Kasno
2.
Fathul Jannah
3. Roma Nugroho Siswa Hindayati Putra
E.
SUSUNAN
KEGIATAN
Berikut adalah
susunan kegiatan lokakarya I.
|
|
AKTIVITAS |
DURASI |
|
1 |
Ice Breaking
& Perkenalan pendamping |
09.00 – 09.30 |
|
2 |
Penyampaian
Tujuan dan Pembuatan kesepakatan belajar |
09.30 – 09.40 |
|
3 |
Pentingnya
pengembangan diri |
09.40 – 10.10 |
|
4 |
Diskusi
Kelompok |
10.10 – 10.45 |
|
5 |
Presentasi
kelompok |
10.45 – 11.30 |
|
6 |
Kompetensi
Checklist |
11.30 – 12.00 |
|
7 |
Istirahat Siang |
12.00 – 13.00 |
|
8 |
Energizer |
13.00 – 13.10 |
|
9 |
Evaluasi Diri |
13.10 – 13.35 |
|
10 |
Pembuatan
rencana pengembangan kompetensi |
13.35 – 13.55 |
|
11 |
Sharing hasil
pembuatan rencana |
13.55 – 14. 30 |
|
12 |
Pengisian
Lembar Evaluasi |
14.30 – 14.40 |
|
13 |
Refleksi hasil
belajar & Penugasan |
14.40 – 14.50 |
|
14 |
Penutupan dan
foto Bersama |
14.50 – 15.00 |
F.
HASIL
KEGIATAN
Kegiatan lokakarya
ini menghasilkan :
1.
Calon Guru
Penggerak mengenal kompetensi dalam dirinya sendiri
2.
Calon Guru
penggerak mengenal 4 kompetensi sebagai guru penggerak
3.
Calon Guru
Penggerak dapat mengidentifikasi evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi
guru penggerak
4.
Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi rencana
pengembangan diri calon guru penggerak
Tabel
Hasil Lokakarya I
|
No. |
kegiatan |
Deskripsi |
Keterangan |
|
1 |
Pembukaan |
Pembukaan dilakukan di
ball room hotel jelita tanjung dibuka oleh pendamping kemudian CGP dibagi
menjadi 2 grup |
Tidak semua
peserta hadir karena ada 4 yang dinyatakan reaktif Covid 19 dan 1 izin
suaminya meninggal |
|
2 |
Perkenalan, tujuan dan keepakatan |
Perkenalan CGP dan
pendamping, penyampaian tujuan oleh pendamping serta pembuatan kesepakatan |
|
|
3 |
Pengembangan diri |
Pada pengembangan diri CGP diminta menuliskan kompetensi yang
harus dimiliki oleh seorang guru penggerak dan mengenal kompetensi yang sudah
dimiliki oleh CGP ditulis dalam post it dan di tempel kemudian di bacakan
oleh pendamping |
|
|
4 |
Pengenalan
kompetensi guru penggerak |
Pada pengenalan
kompetensi guru penggerak pendamping CGP dibagi menjadi 4 kelompok dimana 1
kelompok terdiri dari 3 CGP. Kemudian pendamping membagikan lembar bahan
materi 4 kompetensi yaitu kompetensi mengembangkan diri dan orang lain, memimpin belajar mengajar, memimpin
pengembangan sekolah dan memimpin manajemen sekolah. CGP diminta
mendiskusikan dan mempresentasikan indikator kompetensi yang sudah dimiliki
serta memberikan contoh dalam pembelajaran |
|
|
5 |
Posisi diri
berdasar kompetensi guru penggerak |
Disini pendamping
mengembalikan posisi seperti awal dan tidak berkelompok, kemudian pendamping
memberikan lembar posisi diri berdasarkan kompetensi guru penggerak dan
diminta CGP untuk mengisi sejujur jujurnya kompetensi yang sudah dan belum
dimilikinya |
|
|
6 |
Istirahat |
Para peserta
beristirahat selama 1 jam untuk ISHOMA |
|
|
7 |
Posisi diri |
Pada sesi ini
pendamping memberikan ice breaking sebelum memulai lokakarya, kemudian pendamping
memberikan lembar evaluasi diri berdasarkan kompetensi yang dimiliki untuk
diisi oleh CGP |
|
|
8 |
Rencana
pengembangan diri |
Setelah menyelesaikan
lembar evaluasi diri pendamping meminta CGP untuk membuat rencana
pengembangan diri berdasar dari kompetensi yang masih kurang atau belum
dimiliki saat mengisi lembar evaluasi diri. Kemudian setiap CGP
mempresentasikan di depan |
|
|
9 |
Refleksi peserta |
Pendamping menyimpulkan
hasil lokakarya I dan melakukan refleksi pembelajaran sert memberikan
gambaran agar CGP lebih paham |
|
|
12 |
Penutupan |
Pendamping mengajar CGP
dan kepala sekolah untuk berdoa, menutup lokakarya dan berfoto |
|
G.
PENUTUPAN












Post a Comment