Di akhir bulan ke-2 kegiatan Pendidikan Guru Penggerak, Peserta akan melaksanakan kegiatan Lokakarya 1. Pada kegiatan Lokakarya ini pendamping akan melihat sejauh mana pemahaman materi filosofi komunitas, prinsip pengembangan komunitas, tahapan menggerakan komunitas, dan rencana pembuatan komunitas di sekolah.
Produk yang dihasilkan
- Pemetaan aplikasi komunitas praktisi di sekolah masing-masing (manfaat, tantangan, peluang, cara)
- Pemetaan kelebihan dan kelemahan diri dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
- Rencana menggerakan komunitas praktisi tahap merintis di sekolah masing-masing
Tujuan Belajar
- Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan manfaat berbagi dari diskusi komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi manfaat komunitas praktisi bagi sekolah masing-masing
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang membuat komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peranan guru penggerak dalam membuat komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat menganalisa diri dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan tahapan menggerakan komunitas praktisi
Indikator Keberhasilan
- Calon Guru Penggerak dapat memetakan manfaat komunitas praktisi di sekolahnya masing-masing
- Calon Guru Penggerak dapat memetakan tantangan dan peluang membuat komunitas praktisi di sekolah
- Calon Guru Penggerak dapat memetakan kelebihan dan kelemahan dirinya dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat merumuskan rencana pembuatan komunitas praktisi tahapan merintis di sekolah masing-masing
Agenda
- Mengalami diskusi komunitas praktisi
- Meneropong aplikasi komunitas praktisi
- Mengenal peran guru penggerak dalam membuat komunitas praktisi
- Menggerakkan komunitas praktisi
Rangkuman Sesi
Tabel
Hasil Lokakarya II
|
NO. |
KEGIATAN |
DESKRIPSI |
KETERANGAN |
|
1 |
Pembukaan |
Pembukaan dilakukan di
ball room hotel jelita tanjung dibuka oleh pendamping kemudian CGP dibagi
menjadi 3 grup |
Tidak semua
peserta hadir karena ada 1 yang dinyatakan reaktif Covid 19 |
|
2 |
Perkenalan, tujuan dan keepakatan |
Perkenalan CGP dan
pendamping, penyampaian tujuan oleh pendamping serta pembuatan kesepakatan |
|
|
3 |
Diskusi Komunitas
Praktisi |
Pada diskusi komunitas praktisi CGP diminta menuliskan tantangan
yang dialami selama kurang lebih 2 bulan melakukan aksi nyata disekolahnya
yang dibagai menjadi 3 kategori yaitu sekolah, siswa dan pembelajaran dalam
post it dan ditempel serta meminta
perwakilan untuk membacakannya. Kemudian CGP dibagi menjadi 3 kelompok serta
setiap kelompok diminta untuk mencari solusi dari setiap permasalahan atau
tantangan dan mempresentasikannya |
|
|
4 |
Manfaat dan materi
komunitas praktisi |
Pada manfaat dan materi
komunitas praktisi CGp diajak berdiskusi tentang manfaat komunitas praktisi
dan pendamping menyampaikan sekilas tentang materi komunitas praktisi |
|
|
5 |
Penerapan
komunitas praktisi di sekolah |
pendamping memberi
lembar kerja dan diminta CGP untuk mengisi berdasar dari buku pedoman
komunitas praktisi yang diberikan serta meminta perwakilan CGP untuk
membacakannya |
|
|
6 |
Istirahat |
Para peserta
beristirahat selama 1 jam untuk ISHOMA |
|
|
7 |
Peran guru penggerak
dalam membuat komunitas praktisi |
Pada sesi ini
pendamping memberikan ice breaking sebelum memulai lokakarya, kemudian
pendamping membagi CGP 3 kelompok
memberikan lembar kerja dan meminta CGP melakukan analisis peran guru dalam
membuat komunitas praktisi serta mempresentasikannya |
|
|
8 |
Tahapan pembuatan
dan pelaksanaan komunitas praktisi di sekolah |
CGP dibagi 3 kelompok
dan setiap kelompok diminta untuk melakukan wisata belajar untuk melihat
tahapan pelaksanaan komunitas praktisi di sekolah yang tertempel di dinding,
kemudian membuat rangkuman dalam setiap tahapan dan dipresentasikan. Pendamping memberi
setiap CGP LK rencana pembuatan
komunitas praktisi di sekolahnya masing masing dan meminta perwakilan untuk
mempresentasikannya |
|
|
9 |
Refleksi peserta
dan penugasan Lokakarya 3 |
Pendamping menyimpulkan
hasil lokakarya II dan melakukan refleksi pembelajaran serta memberikan penugasan
Lk 3 yang akan dibawa untuk lokakarya 3. |
|
|
12 |
Penutupan |
Pendamping mengajar CGP
dan kepala sekolah untuk berdoa, menutup lokakarya dan berfoto |
|


Post a Comment